vinsensiaretno

selamat datang di vinsensia retno blog semoga dapat bermanfaat buat semuanya yah

Selasa, 30 Juni 2009

PENGERTIAN PERPUSTAKAAN DAN KOMPONEN YANG ADA DI PERPUSTAKAAN

Perpustakaan berasal dari kata dasar "pustaka". Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, pustaka berarti kitab atau buku. Perpustakaan merupakan perangkat pendidikan sebagai bagian yang berkesinambungan dari lembaga yang bersangkutan, berfungsi sebagai pusat belajar mengajar, pusat informasi, pusat penelitian sederhana dan rekreasi sehat, berkedudukan sejajar dengan sarana pendidikan di sekolah seperti laboratorium, lembaga penelitian. Banyak pula orang mendefinisikan bahwa perpustakaan adalah gedung tempat tersimpannya buku, majalah dan bahan pustaka lainnya. Namun hal tersebut lebih bersifat fisik, tetapi secara lebih rinci bahwa perpustakaanadalah suatu lembaga yang menyimpan berbagai ragam informasi yang terdapat dalam berbagai jenis dan bentuk bahan pustaka, baik dalam bentuk tercetak, terekam maupun terpasang dengan tujuan utamanya memberikan layanan informasi kepada penggunanya.


Komponen yang ada di Perpustakaan adalah :
  1. Koleksi perpustakaan, meliputi : buku, jurnal, majalah, surat kabar dan bahan-bahan tercetak maupun bahan-bahan online.
  2. Pengelola Perpustakaan atau Kepala Perpustakaan.
  3. Pegawai atau Staf Perpustakaan.
  4. Sarana Prasarana, meliputi : gedung, ruang beserta kelengkapan-kelengkapan atau perabot-perabot yang berhubungan dengan perpustakaan.
  5. Layanan Peminjaman.
  6. Layanan Pengembalian.
  7. Layanan internet dan CD-ROM

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda